Punya Penghasilan Ratusan Juta Rupiah Dari Youtube, Siap-siap Kena Pajak Ya..

Bagi anda yang memiliki penghasilan jutaan rupiah tiap bulanya dari Internet, khususnya dari youtube dan Instagram bersiap-siap untuk didatenagi petugas pajak.

Karena saat ini pemerinta tengahmembidik kewajiban perpajakan Selebgram dan youtuber.

Seperti yang diberitakan oleh katapajak.com bebeberapa waktu yang lalu berkenaan dengan skema pengenaan pajak bagi selebgram dan youtuber.

Skema Pengenaan Pajak Bagi Selebgram dan Youtuber

Pemerintah saat ini tengah membidik kewajiban perpajakan Selebgram maupun Youtuber. Meskipun pada dasarnya pola bisnisnya tidak jauh berbeda, namun ini menjadi hal baru, bagaimana memungut pajak kedua selebritas dunia maya tersebut.

Direktur Potensi, Kepatuhan, dan Penerimaan Pajak dari Direktorat Jenderal Pajak di Kementerian Keuangan, Yon Arsal, menjabarkan cara memungut pajak para pengguna media sosial, yang menyediakan jasa promosi, terhadap suatu barang di media sosial.

Pertama, apabila mereka mendapatkan penghasilan yang langsung dari pihak perusahaan, maka skema pungutan pajak bagi para pengguna media sosial adalah melalui pemotongan langsung Pajak Penghasilan (PPh) dari pihak perusahaan yang memberikan jasa.


“Karena penghasilan mereka pada dasarnya penghasilan dari jasa. Maka dipotong oleh perusahaan,” ungkap Yon, Selasa 18 Oktober 2016.

Skema kedua, lanjut Yon, apabila penghasilan yang diterima didapatkan dari sumber lain, maka yang bersangkutan dalam hal ini penyedia jasa memang harus melaporkan sendiri penghasilan yang diperoleh, dalam Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT).

“Sepanjang total penghasilan yang diperoleh melebihi batas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP), maka yang bersangkutan merupakan Wajib Pajak,” kata dia.

Add Comment