Ini Dia Daftar Harga Sapi Kurban Termurah dan Termahal yang Bisa Anda Pilih

Saat ini, harga sapi untuk berkurban rata-rata memiliki harga Rp 12 jutaan. Ada harga sapi kurban termurah yang kurang sedikit dari Rp 12 juta dan ada juga yang lebih dari Rp 12 juta misalnya Rp 12,5 jutaan. Banyak yang bingung untuk memilih sapi dengan harga yang termurah atau termahal. Menurut Ali bin Abi Thalib, R.A, Rasulullah SAW pernah untuk memerintahkan berkurban dengan hewan yang memiliki harga paling mahal yang dipunyai.

 

Karena hal tersebut, umat Islam diperintahkan untuk memilih dan membeli hewan kurban yang memiliki harga paling mahal. Walaupun banyak yang menawar sapi dengan harga yang bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki untuk membeli sapi, namun dengan menawar hewan kurban tersebut maka sapi ataupun kambing dan hewan kurban lainnya tidak mendapatkan harga yang paling mahal.

 

Akan tetapi, walaupun memang dianjurkan untuk berkurban dengan hewan kurban seperti sapi dengan harga yang paling mahal, namun Anda juga harus jeli memilih sapi yang tepat dan juga tahu mengenai harga sapi untuk Idul Adha sehingga Anda tidak mendapatkan harga sapi yang jauh lebih tinggi dibandingkan harga normalnya. Sapi untuk kurban tersebut harus memiliki kualitas yang bagus. Walaupun harganya mahal namun jika kualitasnya tidak bagus maka sebaiknya pertimbangkan sapi dengan harga yang lebih murah namun memiliki kualitas yang bagus.

 

Sapi yang bisa dijadikan hewan kurban adalah sapi yang umurnya minimal 2 tahun jalan 3 tahun. Anda bisa tanyakan hal tersebut ke pemiliknya apakah sapi tersebut sudah memenuhi usia yang ditentukan atau Anda bisa mengecek gigi sapi tersebut. Jika 1 pasang gigi seri sapi sudah berganti dari gigi susu dan menjadi gigi tetap, maka umur sapi tersebut sekitar 2 tahun dan sudah layak untuk kurban.

 

Sapi tidak hanya harus memiliki umur minimal 2 tahun namun juga harus memenuhi kriteria berikut:

 

  • Tidak cacat yaitu tidak buta sebelah atau jelas butanya, tidak sakit, tidak pincang yang jelas pincangnya sehingga tidak bisa berjalan dengan normal, sapi tersebut tidak kurus sehingga mempunyai sumsum tulang.
  • Sapi tersebut harus sehat. Anda bisa mengamati beberapa point penting berikut:

 

  • Bulu sapi apakah mengkiilap dan tidak berdiri atau tidak. Jika bulu sapi tersebut berdiri maka kemungkinan sapi tersebut sedang cacingan.
  • Apakah hewan tersebut lincah namun tidak hiperaktif ataupun tidak loyo atau tidak. Jika hiperaktif seperti membenturkan ke tembok atau kayu, kemungkinan sapi tersebut terserang antraks.
  • Cek bagian mata dan anus apakah berwarna merah muda atau tidak. Pastikan jika tidak ada lelehan yang warnanya hitam yang keluar dari anus sapi.
  • Apakah ada selaput lendir keluar dari hidung atau tidak. Jika iya dan lendir tidak berlebihan berarti sapi sehat.
  • Suhu tubuh berkisar antara 39-40o

Add Comment