Berapakah Biaya Mencari Beasiswa Kuliah Ke Luar Negeri?

Beasiswa Luar Negeri – Ini pertanyaan yang seringkali saya dengar saat bicara mengenai trick memburu beasiswa. Namun kelihatannya sedikit dibicarakan orang.

Satu hal, orang seringkali mengkaitkan pencarian beasiswa jadi satu sistem ‘perjuangan’ – berikan kesan kalau yang berlangsung bukanlah peristiwa fisikal namun transcendental. Terlebih bila lalu melibatkan unsur ‘banyak doa’ serta ‘lagi hoki’ – seakan pengeluaran berbentuk rupiah tidak butuh dikalkulasi.

Sebenarnya, sudah pasti mencari beasiswa banyak punyai urusan dengan kriteria materiil. Dari mulai lembaran dokumen, mendaftar sekolah hingga pergi tes serta wawancara. Semua punyai urusan dengan biaya serta biaya.

Dalam hitungan sederhana, tersebut disini rinciannya :

1| biaya info

Kamu butuh data internet untuk searching info, kirim e-mail, tanya-jawab dengan sekolah tujuan, janjian ketemu eks pembimbing untuk mencari rujukan, wawancara lewat Skype dan sebagainya. Janganlah lupa Internet penting juga untuk unduh formula, mencari contekan menulis esai motivasi dan sebagainya. Berapakah semuanya biaya internet ini? Agar aman, kalkulasi saja pengeluaran untuk kuota internet kali satu tahun.

2| biaya transportasi

Banyak dokumen yang perlu diikutkan dalam aplikasi beasiswa. Bila hanya butuh biaya kirim karna terlebih dulu dokumen yang diperlukan telah ada, ya bagus. Umumnya sesudah bertahun-tahun lulus sekolah baru ketahuan belum juga miliki transkrip nilai, atau transkrip butuh diperbaharui dalam cetakan bilingual, atau cuma butuh dilegalisir.

Belum juga termasuk juga rujukan serta tetek-bengek beda. Untuk meyakinkan agar masalah selekasnya beres, langkah paling baik kerapkali mesti ditempuh dengan datang sendiri ke universitas almamater. Bila universitas ini jauh (luar kota, luar negeri) hitungan biaya dapat jadi membesar.

3| biaya urus dokumen

Sebagian komponen perlu :

°legalisir transkrip serta ijazah bilingual

°foto kopi serta bikin beberapa macam dokumen

°urus paspor (bila belumlah ada)

°pas photo sesuai sama prasyarat untuk pendaftaran kampus ataupun aplikasi beasiswa

4| sertifikat kelulusan tes IELTS/TOEFL

°biaya pelatihan (apabila dipandang butuh)

°biaya beli buku persiapan ujian (apabila dipandang butuh)

°mock-up ujian (apabila dipandang butuh)

°biaya ujian

°biaya ujian lagi (apabila dipandang butuh)

5| daftar universitas

Ada kampus yang memanglah minta uang pendaftaran banyak pula yang gratis. Tentukan yang gratisan mungkin, namun fikirkan juga kalau untuk jurusan yang kita benar benar taksir, pengorbanan uang pendaftaran ini butuh. Seperti investasi. Umumnya terjangkau juga kok.

6| Visa serta tes kesehatan

Demikian dinyatakan di terima. Jadi walau uang keluar, rasa-rasanya tetaplah bahagia….

Jadi berapakah besar biaya untuk mencari beasiswa luar negeri hingga lolos? Sila kalkulasi sendiri dengan sesuaikan komponen diatas. Lain orang lain tempat lain jurusan lain level bhs Inggris semuanya akan berikan konsekwensi biaya terkait. Yang perlu semakin serius usaha akan semakin efektif biaya yang dikeluarkan.

Best of luck!

Dewi Safitri adalah penerima beasiswa Chevening 2014-2015. Dapat dikontak melalui Twitter di @pendekarsilat11. Foto milik British Council.

Add Comment