Bangun Rumah Dengan Dana Terbatas, Inilah Triknya

 

Semua orang tentu ingin memiliki hunian impian untuk tempat tinggal sehari-hari. Namun untuk memiliki sebuah rumah tidaklah sedikit dana yang digunakan. Lantas, bagaimana jika dana yang dimiliki terbatas, apakah bisa dapatkan hunian yang tetap nyaman dan aman? Tentu bisa. Berikut ini adalah trik membangun rumah dengan budget terbatas yang bisa anda coba dengan jasa kontraktor rumah yang tepat.

  1. Pencarian lahan

Membangun rumah dengan budget terbatas bukanlah masalah yang besar, coba anda cari lahan yang harganya terjangkau. Caranya adalah mencari referensi dari orang-orang terdekat atau dari berbagai iklan penjualan lahan. Karena dana anda terbatas, maka pilih lahan yang tidak terlalu luas yang terpenting bisa digunakan untuk membangun rumah meski minimalis. Bisa juga dengan memilih lahan yang tidak ada di pusat kota atau jalan raya jika memungkinkan karena lahan di tempat tersebut sangat mahal harganya.

  1. Desain rumah

Tentukan dengan matang desain rumah anda, mulai dari temanya hingga konsep interiornya. Memilih desain yang simpel dengan hanya menggunakan 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, dapur, dan ruang tamu adalah pilihan yang tepat. Bisa juga dengan menggabungkan antara satu ruang dengan ruang lainnya atau bersifat multi fungsi. Hindari juga menggunakan konsep yang menghabiskan banyak dana seperti beachy yang membutuhkan banyak aksesoris berbagai pantai atau konsep lain yang membutuhkan kemewahan, ini adalah solusi membangun rumah dengan budget terbatas yang sangat tepat.

  1. Coba cicil satu persatu

Menyiapkan semuanya dalam satu waktu tentu sangat memberatkan anda. Membangun rumah dengan budget terbatas bisa dilakukan dengan menyicilnya. Pertama anda bisa beli lahannya dulu, lanjut beberapa waktu lagi membeli material, mencari konstruksi bangunan dan memulai pembangunan. Dengan demikian anda bisa lebih mudah membangun rumah meski sebenarnya dananya sangat terbatas.

  1. Pemilihan material dan perabotan

Membangun rumah dengan budget terbatas akan lebih mudah jika anda pandai memilih material dan perabotan seperti apa yang akan digunakan. Jika memang tidak bisa membeli material no 1, maka anda bisa memilih material no 2 yang terpenting tidak terlalu buruk kualitasnya. Ini bertujuan agar kualitas bangunan rumah serta perabotan yang anda miliki tetap terjamin.

 

Bagaimana, mudah bukan membangun rumah dengan budget terbatas? Yang terpenting rencanakan semuanya dengan matang. Jangan terburu-buru karena apa saja yang anda persiapkan terburu-buru, maka biayanya akan lebih banyak sehingga akan membuat anda kesulitan mengatur budget.

 

Add Comment